Tren Anggota DPR di Paripurna: Datang, Tanda Tangan, Kabur

Jakarta – Ini kebiasaan buruk anggota DPR di bulan Ramadan atau di akhir masa jabatannya. Di awal sidang paripurna, mereka datang dan tanda tangan. Tak lama kemudian kabur. Hingga pukul 13.40 WIB, hanya ada sekitar 50 anggota DPR yang bertahan di ruang sidang.

Pemantauan detikcom di gedung Nusantara II gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (15/9/2009), sidang paripurna DPR digelar sejak pagi. Banyak agenda dalam sidang paripurna, antara lain, mendengarkan laporan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I-2009 (IHPS) BPK, pengesahan RUU Kepemudaan, pengesahan RUU Kawasan Ekonomi Khusus, dan pengesahan RUU Pos.

Pada pukul 10.00 WIB, jumlah anggota DPR yang tanda tangan di daftar hadir sebanyak 265 anggota. Meski tidak kuorum, sidang paripurna tetap berlanjut. Sebagai catatan, sidang dinyatakan kuorum bila ada 275 anggota DPR yang tanda tangan.

Lantas pada pukul 12.30 WIB, jumlah anggota DPR yang tanda tangan di daftar hadir menjadi 299 orang. Namun, anehnya, di dalam ruang sidang paripurna hanya ada puluhan orang, sangat jauh dibanding jumlah anggota DPR yang tanda tangan.

Hingga pukul 13.40 WIB, sesuai penghitungan yang dilakukan wartawan hanya ada sekitar 50 anggota DPR yang masih bertahan di ruang sidang paripurna. Saat ini, DPR sedang menggelar sidang untuk pengesahan UU Pos.

Ke mana sekitar 249 anggota lainnya yang tanda tangan? Kaburnya anggota DPR ini selalu terjadi sejak beberapa sidang paripurna sebelumnya. Padahal sidang paripurna mengagendakan pengesahan UU.

Yang memprihatinkan, pimpinan sidang paripurna yang juga Ketua DPR Agung Laksono tidak bereaksi atas sedikitnya jumlah anggota DPR yang hadir. Di jajaran kursi pimpinan sidang saja, hanya ada Agung Laksono. Ke mana para wakil ketua DPR lainnya? (detiknews, 15/9/2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s