Dokter Inggris Haramkan Iklan Alkohol

“… sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah najis termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan …”

Para dokter di Inggris mendesak peng-“haram”-an menyeluruh iklan alkohol untuk mengatasi melonjaknya konsumsi alkohol dan masalah yang ditimbulkannya.

Laporan Asosiasi Medis Inggris, BMA, Rabu (9/9), mengatakan bahwa alkohol sekarang menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan di negara maju setelah rokok dan tekanan darah tinggi.

Alkohol adalah obat yang paling digemari di Inggris. Konsumsinya meningkat tajam. Karena menghadapi semakin meningkatnya pengaruh buruk alkohol pada kesehatan, Asosiasi Medis Inggris menginginkan penindakan tegas.

Industri alkohol setiap tahunnya mengeluarkan 1,3 miliar dollar AS untuk meningkatkan konsumsi. BMA menginginkan pelarangan menyeluruh terhadap iklan alkohol, dalam pensponsoran pada peristiwa olahraga dan acara musik.

Badan tersebut juga mengusulkan diterapkannya harga minimum semua produk alkohol dan pajak alkohol di atas tingkat inflasi. Laporan BMA menyatakan, bukan hanya anak muda Inggris yang minum secara tidak bertanggung jawab.

BMA mengatakan, konsumsi alkohol secara berlebihan sekarang sudah menjadi kebiasaan. Asosiasi itu menyalahkan potongan harga, kemudahan mendapatkannya karena izin operasi 24 jam, dan iklan massal yang menggunakan situs jaringan sosial di samping cara-cara yang biasa dipakai selama ini.

Laporan ini kemungkinan besar akan memicu perdebatan, sama seperti saat pembatasan iklan rokok diterapkan. BMA menyatakan, perusahaan minuman alkohol saat ini merupakan sumber kedua terbesar sponsor olahraga lewat kontrak yang bernilai jutaan dollar AS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s