Korupsi Marak Sebab Biaya Politik Tinggi

JAKARTA -Biaya politik yang tinggi didapuk menjadi sebab utama korupsi. “Yang paling harus didahulukan adalah reformsi di bidang politik,” papar Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan, Pengawasan Internal, dan Pengaduan Masyarakat, Bibit Samad Riyanto, Minggu (16/8), saat dihubungi Republika.

Sistem politik, termasuk sistem pemilu, dinilai Bibit perlu dikritisi. Ke depan, ujarnya, pemerintah perlu mencari cara untuk membatasi biaya kampanye. Ia menerangkan biaya kampanye yang tinggi dan tidak seimbang dengan sistem remunerasi menjadi celah korupsi. “Mereka (caleg, red.) akan mencari cara lain untuk menutup biaya kampanye,” jelas Bibit.

Persoalan sistem, tengarainya, ialah satu dari lima faktor penyebab korupsi. Empat faktor lainnya yakni integritas moral, penghasilan, pengawasan, dan budaya taat pada aturan.

Puluhan anggota dewan telah dipanggil KPK terkait dugaan korupsi. Ketua Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada, Zainal Arifin Mochtar, mengapresiasi kemampuan KPK menjangkau wilayah dewan yang sebelumnya diangap wilayah tabu.

Bibit mengaku sejauh ini tak ada hambatan dalam penyidikan kasus yang melibatkan anggota dewan. Terkait kasus dugaan korupsi yang menyeret Politisi Demokrat, Jhonny Allen Marbun, Bibit menegaskan KPK tidak menerima tekanan dari pihak mana pun. “Kita sedang dalam tahap terus mengumpulkan alat bukti,” jawabnya saat ditanya soal status Jhonny. (Republika online, 16/8/2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s