Kemerdekaan Yang Semu?

Apakah kemerdekaan yang kita peringati tiap tanggal 17 agustus benar-benar nyata menjadi milik bangsa Indonesia, ataukah kemerdekaan tersebut hanya semu belaka. 17 Agustus 2009 bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke64, 64 tahun merdeka sudahkah diikuti dengan kemajuan dimasyarakat? Pembangunan diberbagai sektor bertolak belakang dengan yang dibutuhkan masyarakat, masyarakat masih saja hidup dalam kemiskinan. Kemerdekaan yang dirasakan masyarakat hanya semu mengambang dipermukaan tidak menyentuh kedalaman hidup sampai keakar-akarnya.
Elite politik cenderung saling menyalahkan bertikai sendiri-sendiri, dan kekuasaan dijadikan perebutan berbagai kepentingan. Elite politik tak mempunyai identitas diri yang terbentuk dari nilai-nilai kearifan lokal serta kejeniusan lokal. Karakter yang tak terbentuk menjadikan elite politik menjadi kutu loncat pindah dari satu partai kepartai lain pada saat peralihan kekuasaan. Lagi-lagi kepentingan masyarakat banyak terabaikan dan dijadikan korban.
Kemerdekaan yang seharusnya menjadi jembatan penyeberangan menuju bangsa Indonesia yang maju dan berkembang diberbagai bidang belum juga menyeberang. Bangsa Indonesia malah menjauh dari jembatan penyeberangan sibuk dengan kepentingan pribadi dan golongan. Mana keberhasilan program Triple Track Strategy yang berisikan Pro-Poor, Pro-Job, dan Pro Growth sudahkah tepat mengenai sasaran? Kemrdekaan yang semu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s