Hezbullah Jauh Lebih Kuat

BEIRUT – Serangan membabi buta Israel ke wilayah Lebanon tiga tahun lalu tak membuat kekuatan kelompok Hezbullah semakin melemah. Sebaliknya, kekuatan kelompok Syiah itu semakin besar.

Berdasarkan catatan Israel, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan pejabat Hezbullah, kelompok milisi itu semakin kuat dibandingkan tahun 2006 lalu saat militer Israel menggelar perang yang menewaskan 1.191 warga sipil Lebanon dan 43 warga sipil Israel.

Hezbullah telah menambah roketnya menjadi 40.000 buah dan melatih pasukannya untuk menggunakan misil darat-ke-darat yang dapat menghantam Tel Aviv, dan misil anti-pesawat tempur yang dapat menantang dominasi Israel di atas langit Lebanon.

Brigadir Jenderal Alon Friedman, wakil kepala Komando Israel Utara, kepada The Times mengatakan bahwa pertempuran dapat pecah kapan saja.

Kekhawatiran dia berdasar pada pernyataan pemimpin tertinggi Hezbullah, Sheikh Hassan Nasrallah, yang mengingatkan jika wilayah pinggiran di sebelah selatan Beirut dibombardir seperti perang tiga tahun lalu, maka Hezbullah akan menggelar serangan balasan ke kota terbesar Israel, Tel Aviv.

“Kami telah mengubah keseimbangan dari yang ada sebelumnya,” kata Nasrallah. “Kini antara pinggiran selatan versus Tel Aviv, bukan Beirut versus Tel Aviv,” tegas dia, dikutip dari The Times, Rabu (5/8/2009).

Langkah Hezbullah memperkuat persenjataan dilakukan untuk mempertahankan diri dari serangan Israel. Alasan riil lainnya adalah upaya kerja sama dengan sekutunya, Iran. Jika Israel membuktikan ancamannya untuk menyerang fasilitas nuklir Iran, maka pembalasan dendam akan muncul dari Hezbullah di Lebanon.

Sumber kemiliteran yang dekat dengan Hezbullah menyatakan bahwa kelompok itu ingin meningkatkan jumlah dan efektivitas sistem pertahanan udaranya. Hezbullah yakin dapat memperoleh misil SA18 dalam jumlah besar. Misil SA18 dapat menghancurkan helikopter dan jet tempur Israel yang terbang rendah.

Sementara sumber intelijen Barat menyebutkan bahwa para pejuang Hezbullah mendapatkan pelatihan di Suriah untuk sistem SA8. Misil SA8 yang dipandu radar diluncurkan dari kendaraan berjalan dan memiliki ketinggian maksimum 36.000 kaki atau setara 11.000 meter, sehingga dapat menjadi ancaman serius.

Israel mengklaim Hezbullah telah melipat-tigakan jumlah roket udara ke udara semenjak 2006, menjadi 40.000. “Hezbullah tidak hanya mengganti mesiunya, tapi juga memutakhirkan misil-misilnya,” ujar Danny Ayalon, Wakil Menteri Luar Negeri Israel. “Mereka kini membual jika mereka dapat menghantam Tel Aviv.”

Masih menurut sumber intelijen Barat, Hezbullah berharap dapat menerima versi teranyar roket Fateh-110 buatan Iran, yang dapat membawa hulu ledak sebesar 500 kilogram dengan jangkauan lebih dari 200 kilometer.

Para pejabat Hezbullah menolak memberikan detail mengenai perkembangan kekuatan militernya. Namun mereka tidak membantah bahwa mereka telah bersiap untuk menghadapi perang kembali.

“Hezbullah saat ini dalam kondisi yang lebih baik dibandingkan Juli 2006,” kata Sheikh Naim Qassem, wakil pemimpin Hezbullah.

“Dan jika Israel berpikir mereka dapat menimbulkan kerusakan lebih banyak pada kami, mereka tahu kami juga dapat memberikan kehancuran lebih pada mereka,” ancam dia

2 responses to “Hezbullah Jauh Lebih Kuat

  1. ayo israel! perang terus…

  2. israel dapat di kalah kan dengan perang bergelirya .dan israel sulit dikalah kan dengan perang adu kekuatan dan kecanggihan .karena kita tahu barat berada di belakang nya.hizbullah sangan ahli dalam perang bergelirya sehinggah dapat mengeluarkan israel dari lebanon selatan.israel mundul dari lebanon bukan atas kemauan sendiri tapi tak kuasa membendung serangan roket roket hesbullah.seperti yg perna dikatakan tentara israel banwah hezbullah itu tentara yg tidak terlihat.karena hizbullah menggunakan taktik serang lalu sembunyi.jadi sulit untuk diserang kerena tak terlihat alhasil hezbullah dapat menewaskan 75 serdadu dan 36 penduduk sipil israel.makanya israel hanya bisa mengumbar kemarahan nya dengan membombardir rumah penduduk lebanon.hanya sekedal masukan hezbullah harus memperbanyak rudal anti pesawat agar bisa menembak pesawat tempur israel dan helikopter apache.kerena pormasi hezbullah sudah barus sulit di deteksi. keberadaan roket roket nya.dan serangan darat israel tidak mampu membendung pasukan hezbullah.pada perang yon kipur israel membngkam rudal anti pesawat tempur .baru membabat habis sentjta mesir yang ada di darat.sekian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s