Awas! UU Rahasia Negara Disahkan, Presiden Berpotensi Otoriter

Institut Studi Arus Informasi (ISAI) meminta pemerintah dan DPR menunda pengesahan UU Rahasia Negara (UU RN) karena berpotensi memunculkan pemerintahan yang otoriter.

“Pendapat ISAI ini mengacu pada adanya akumulasi kekuasaan pada seorang presiden,” kata Ahmad Faisol, Koordinator Program Advokasi, Riset dan Media Watch ISAI dalam Jumpa Pers di Jakarta, Rabu (5/8).

Menurut dia, isi UU RN tidak dimungkinkan adanya pengujian dan perlawanan atas penetapan rahasia negara. “Artinya, UU ini membuka kemungkinan presiden dan pemimpin lembaga negara untuk semena-mena menetapkan rahasia negara,” ujarnya.

Kelemahan lain UU RN ini, ia melanjutkan, tampak dari pendefinisian rahasia negara yang terlalu luas. Rahasia negara tidak hanya yang bersifat strategis terkait keamanan nasional, tetapi juga mencakup rahasia demokrasi yang dapat mengganggu jalannya pemerintahan.

Untuk itu, ISAI mengharapkan UU RN hanya mengatur informasi yang bersifat strategis dan terkait dengan perlindungan terhadap keamanan nasional. Juga tidak memberikan akumulasi kekuasaan pada presiden dengan membangun mekanisme pengawasan. “Selain itu, UU RN memberi sanksi terhadap pengelola informasi yang lalai sehingga informasi yang dikelolanya bocor. Ini tidak diatur,” tandas Ahmad. (Kompas.com,5/8/2009)

One response to “Awas! UU Rahasia Negara Disahkan, Presiden Berpotensi Otoriter

  1. ayo semua, hentikan semua otoriter! termasuk PRESIDEN!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s