Pemimpin Taliban Umer Khalid Masih Hidup dan Sehat

Umer Khalid, atau yang juga dikenal sebagai Abdul Wali pernah dinyatkan tewas oleh pemerintah Pakistan beberapa bulan lalu saat pemerintah sedang gencar menggempur Taliban Pakistan.

Namun gambar dari Sky News terbaru menunjukkan bahwa ia tidak hanya hidup dan sehat, namun malahan bersama empat sandera yang ia ancam akan ia bunuh kecuali jika pemerintah membebaskan para Taliban yang berada di tahanan.

Khalid mengijinkan dirinya direkam kamera untuk membuktikan bahwa klaim pemerintah salah mengenai kematiannya dan untuk memberikan pesan negosiasi pertukaran tawanan.

Menteri Dalam Negeri Rehman Malik bulan Januari lalu didepan para reporter menyatakan jika Khalid termasuk yang terbunuh dalam serangan militer terhadap para milisi ekstrimis di Mohmand, wilayah kesukuan Pakistan.

Klaim tersebut sebenarnya langsung ditolak pihak Taliban.

Bukti film yang ditunjukkan Sky News diambil beberapa hari lalu, menunjukkan Khalid sedang santai dan tersenyum bersama sekelompok pejuang muda bersenjata.

Ia menyatakan memiliki 35,000 pejuang Taliban dibawah komandonya.

Dalam video tersebut, kameramen dari Sky News diperbolehkan mengambil gambar empat sandera yang merupakan Polisi Perbatasan.

Empat tawanan itu duduk berjejer dan masih menggunakan seragam keamanan mereka.

Mereka adalah para polisi perbatasan yang beroperasi di wilayah kesukuan.

Salah satu sandera berkata didepan kamera bahwa mereka telah disandera selama tiga bulan. Ia meminta kepada pemerintah untuk membebaskan tahanan Taliban sebagai pertukaran agar mereka bisa dibebaskan.

Khalid kepada Sky News menyatakan bahwa ia telah mengeksekusi dua sanderanya, namun ia mau membebaskan keempat sandera lain jika pemerintah juga membebaskan para pejuang Taliban yang sedang ditahan.

Kemunculannya menunjukkan jika ia siap bernegosiasi.

Kemunculan salah satu pemimpin Taliban di televisi tersebut menimbulkan perhatian Amerika yang kembali mempertanyakan kesuksesan pemerintah Pakistan dalam operasi militer mereka di Lembah Swat.

Richard Holbrooke mengatakan dia tidak yakin jika operasi yang dilakukan militer Pakistan akan berhasil mengusir para Taliban dari Lembah Swat yang dulunya merupakan tempat wisata bagi pelancong maupun turis karena daerah itu dikenal dengan keindahan alamnya.

Holbrooke adalah orang pertama dari kalangan militer tingkat tinggi pemerintahan Obama, yang menyuarakan keraguan terhadap keberhasilan operasi militer dihadapan publik.

Pemeritahan Amerika yang baru dibawah kendali Presiden Obama masih terus memberikan dukungannya terhadap usaha Pakistan memerangi kelompok Taliban di seluruh negeri itu.

Video yang menunjukkan Umar Khalid tersebut sepertinya kembali lagi akan mempermalukan pemerintah Pakistan, setelah berkali-kali keliru mengumumkan kematian para pemimpin Taliban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s