Mensos: BLT Hanya Sampai 2009

Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah menyatakan bahwa pemerintah tidak akan melanjutkan program bantuan langsung tunai (BLT) karena dinilai kurang mendidik masyarakat.

“BLT tidak bisa diberikan secara terus-menerus dan tahun 2009 ini merupakan tahun terakhir penyalurannya,” kata Mensos usai kunjungan kerja penyerahan bantuan program rehabilitasi rumah di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Jumat.

Meski BLT tidak dilanjutkan, kata Mensos, program lain yang dianggap berhasil membantu masyarakat kecil, yakni Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), bantuan jaminan sosial, dan KUR (Kredit Usaha Rakyat) tetap dijalankan.

“Program BLT itu merupakan bantuan yang diberikan agar jumlah penduduk miskin tidak semakin bertambah dan juga diterapkan oleh negara-negara seperti Brazil dan Meksiko,” katanya.

Menurut Bachtiar, Indonesia mendapat pujian dari negara-negara lain karena keberhasilannya dalam program penanganan 19,1 juta rumah tangga miskin dengan total dana yang disalurkan Rp14 triliun.

Ia mengharapkan, program bantuan bagi rakyat miskin yang telah berjalan baik agar bisa dilanjutkan untuk memberi dukungan bagi rakyat kecil.

Menteri Sosial dalam acara kunjungan kerja ke Sumatera Utara menyerahkan bantuan rehabilitasi untuk memperbaiki rumah tidak layak huni senilai total Rp4,5 miliar dan diberikan kepada 450 kepala keluarga.

Bantuan rehabilitasi itu masing-masing Rp1 miliar diberikan ke Kabupaten Batu Bara dan Kabupaten Tapanuli Utara, kota Tebing tinggi Rp500 juta dan kota Medan Rp2 miliar.

Acara penyerahan bantuan itu dihadiri pula Bupati Kabupaten Batubara, OK Arya Zulkarnaen, Bupati Kabupaten Tapanuli Utara, Torang Lumban Tobing, Walikota Tebing Tinggi Abdul Hafiz Hasibuan. (Republika online 24/7/2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s