Human Rights Watch: Melarang Berkerudung Melanggar HAM

Syabab.Com- Organisasi “Human Rights Watch” yang aktivitasnya fokus pada pembelaan terhadap hak asasi manusia menegaskan bahwa larangan berkerudung secara sempurna di Perancis akan menjadi “pelanggaran terhadap hak asasi manusia.” Gatan Maria Vardo, Direktur Biro Organisasi “Human Rights Watch” di Paris dalam sebuah pernyataan mengatakan: “bahwa larangan memakai burqa’ (cadar) justru tidak memberi kebebasan bagi perempuan”.
Dia menambahkan: “Hal ini tidak lain hanya akan memarginalkan dan menciptakan stigma buruk bagi para perempuan yang memakainya. Padahal kebebasan untuk mengekspresikan kepercayaan agama dan pendapat termasuk di antara hak-hak dasar yang harus dihormati”.
Dia menyatakan bahwa “larangan seperti itu, yang hanya membatasi ekspresi dari keyakinan dan ajaran agama Islam akan membentuk kesan dan pesan baru bagi kebanyakan kaum Muslim Perancis, yang mengatakan bahwa mereka tidak disambut di negara mereka”.
Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy mengatakan pada hari Senin di depan anggota parlemen Perancis bahwa kerudung atau burqa’ “tidak diterima di negara-negara Republik”. Bahkan ia menganggapnya sebagai “simbol penindasan dan perbudakan” atas kaum perempuan.
Memang seringkali di negara-negara yang mengaku dirinya pejuang hak asasi manusia, namun hal itu tidak berlaku bagi keinginan umat Islam untuk taat pada aturannya. Kasus pelarangan jilbab di beberapa negara Barat menunjukkan hal tersebut. Untuk itu, hari ini kaum Muslim hanya membutuhkan satu kekuatan politik yang akan melindungi kaum Muslimah untuk menjaga kehormatannya. [it/htipress/syabab.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s